Saturday, June 9, 2012

Memperbaiki fungsi show hidden pada Folder Option akibat terkena virus

 
Pada suatu hari beberapa bulan yang lalu komputer dengan sistem operasi windows xp Saya terkena virus. kemudian saya mencoba untuk melakukan scan dengan antivirus yang sudah saya install di computer saya yaitu avira dan smadav, dan ternyata  memang terdapat virus INF/Conficker . tetapi virus tersebut berhasil dihapus. Nah, sayangnya ada kondisi yang ditinggalkan oleh virus tersebut, yaitu fungsi untuk menampilkan hidden files and folders yang ada di folder option tidak berfungsi sehingga file yang dihidden tidak dapat ditampilkan. Setelah berjalan-jalan di dunia maya, akhirnya Saya berhasil menemukan solusinya. berikut cara untuk menampilkan option “Show hidden files and folders” pada Folder Option :


1. Buka Start Menu, kemudian masuk ke command  Run atau dengan memencet tombol  (ctr+R).
2. Setelah command run muncul silahkan masuk ke registry editor dengan mengetik perintah regedit. Lalu klik ok
3. Setelah anda dihadapkan pada registry editor coba cari direktori seperti berikut :

HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\Folder\Hidden\SHOWALL
4. Apabila direktori SHOWALL sudah ditemukan, Cari key yang bernama CheckedValue dan DefaultValue dengan jenis file nya REG_DWORD
5. Klik dua kali dan berikan nilai satu pada kedua key tersebut.
6. Kemudian silahkan anda coba buka lagi Folder Options yang ada di menu View pada windows explorer, pilih “Show hidden files and folders”, klik Apply (atau OK), apabila masih belum berfungsi coba anda refresh komputer atau restart komputernya terlebih dahulu.

selamat mencoba  :D

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...