Sunday, February 17, 2013

Solusi untuk Control Brightness Ubuntu yang tidak berfungsi di Acer 4736

Saya menggunakan Notebook type Acer Aspire 4736), pada suatu saat saya mencoba install Linux ubuntu, dan alhasil ada salah satu fungsi yang tidak bisa digunakan yaitu control brigthness (mengatur cahaya pada layar), sehingga apabila saya menggunakan notebook dalam jangka waktu lama maka mata saya terasa perih karena cahaya nya terlalu terang dan tidak bisa diatur untuk diredupkan. biasanya cara
untuk mengatur kecerahan layar adalah dengan cara menekan tombol hotkey Fn + Panah Kanan/Kiri, kontrol ini berfungsi normal di Windows, namun di ubuntu, tidak berfungsi! Meskipun notifikasi/tanda bahwa layar dicerahkan/diredupkan muncul, tapi kondisi kecerahan layar masih tetap. Saya tidak bisa mengatur tingkat kecerahan/keterangan layar.

Gambar Brightness Notification pada ubuntu

Setelah saya bertanya ke om google, saya mendapatkan satu cara yang manjur seperti berikut :

Format :

$ sudo setpci -s 00:02.0 F4.B=xx
 NB: ganti dua karakter xx di belakang dengan sepasang nilai hexa ( 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 A B C D E F )
untuk mencobanya,  Buka Terminal kemudian ketikkan :
$ sudo setpci -s 00:02.0 F4.B=00
akan menjadikan layar pada kondisi kecerahan maksimum (sangat cerah), dan:
$ sudo setpci -s 00:02.0 F4.B=ff
akan menjadikan layar pada kondisi kecerahan minimum (sangat gelap - layar hitam).
Biasanya saya mengaturnya pada nilai 55 untuk pemakaian biasa, dan kalau kondisi sekitar agak gelap, saya mengatur nya dengan nilai bb.
Selamat Mencoba :)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...