Tuesday, September 24, 2013

Mengatasi Permasalahan Harddisk External dengan Checking Disk

Hai gan, ane mau share mengenai masalah yang ane hadapi beberapa waktu lalu. permasalahan yang ane hadapi tepatnya pada harddisk eksternal yang ane punya. memang mengesalkan sih, sudah banyak data yang ane simpan di harddisk eksternal tapi suatu saat harddisk itu tidak terbaca di windows dan tidak dapat di mount di linux ubuntu. Dan ane berusaha cari solusi nya ternyata ane menemukan juga solusi yang menurut ane sangat gampang yaitu menggunakan fungsi cheking disk pada windows. Proses ini ane lakukan di windows 7 Ultimate. oke langsung aja ane share caranya :


- buka command prompt dengan membuka run dialog atau pencet CTRL dan tombol R secara bersamaan hingga muncul Run Dialog.


- ketik cmd kemudian klik tombol OK sampai muncul dialog command prompt

- pastikan dulu partisi hardisk yang akan dilakukannya checking disk. disini partisi ane adalah I: jadi ketikkan perintah
chkdsk /f i:

keterangan :
/f itu adalah fix untuk memperbaiki kerusakan pada harddisk
i: adalah partisi hardisk yang akan di perbaiki

- tunggu proses hingga selesai

- coba buka lagi hardisk agan

nah begitulah caranya, mudah2an bermanfaat.
terima kasih telah membaca artikel ane

sumber :
Pengalaman ane sendiri

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...